Sistem Operasi Mobile

By Seika生花 - Desember 15, 2020

 

Sistem operasi adalah salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggung jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras (hardware) dan menjalankan aplikasi (software) didalam suatu sistem komputer. Sistem operasi juga dapat dikatakan sebagai penghubung antara user dengan program komputer. Secara umum, sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.

Dengan kata lain sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan dengan semestinya. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Apa itu Sistem Operasi Mobile ?

Sistem operasi mobile adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen dan mengontrol software-software lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja.

Sehingga suatu sistem operasi mobile akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, schedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya.

Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten. Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih.

Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan sistem operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone. Perkembangan aplikasi atau game selular (mobile content) sangat cepat, perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone dari segi entertainment dan fungsionalitas penggunaan selular untuk memudahkan tugas sehari-hari.

Beberapa contoh sistem operasi yang digunakan pada perangkat mobile/smartphone adalah:

- Android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone atau komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2006. Beberapa versi android yaitu :  Android 7 "Nougat", Android 8 "Oreo", Android 9 "Pie", dan lain-lain.

- iOS

Sama seperti MacOS, iOS merupakan sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Apple Inc yang dibuat khusus oleh Apple untuk perangkat mobilenya. Beberapa versi iOS yaitu : iOS 1, iOS 2, iOS 3, dan lain-lain.

- Windows Phone

Windows Phone merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform windows mobile.

- Blackberry OS

Blackberry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Research In Moiton untuk perusahaan Blackberry.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar