Privasi Dalam Komputer

By Seika生花 - Desember 04, 2020

Apa itu Privasi?

Privasi adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka.

privasi juga dapat dikatakan sebagai sebuah situasi dimana kehidupan pribadi seseorang atau sekelompok orang terbebas dari pengawasan ataupun gangguan orang lain. kondisi yang mana seseorang atau sekelompok orang mempunyai keleluasaan serta bebas dari gangguan yang tidak mau ikut dalam kehidupan atau urusan pribadinya.

Menurut UU Teknologi Informasi ayat 19

Privasi adalah hak individu untuk mengendalikan penggunaan informasi tentang identitas pribadi baik oleh dirinya sendiri atau oleh pihak lainnya.

Pentingnya Privasi

Privasi menjadi suatu hal yang penting dan bersifat sensitif. Privasi dikatakan penting karena dengan privasi, individu atau suatu kelompok dapat menghargai dan menghormati dalam kehidupan sosial. Privasi dikatakan sensitif seperti menyangkut tentang ras, agama, orientasi seksual, atau kesehatan.

Melanggar privasi berarti melanggar kode etik yang semestinya. Menyimpang dari batas-batas yang telah ada akan memicu suatu masalah.

Hukuman & Pidana Tentang Privasi

Pasal 29

Pelanggaran Hak Privasi

Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memanfaatkan Teknologi Informasi untuk mengganggu hak privasi individu dengan cara menyebarkan data pribadi tanpa seijin yang bersangkutan, dipidana penjara paling singkat 3 (tiga) tahun dan paling lama 7 (tujuh) tahun.

Contoh Kasus Pelanggaran Privasi

Pada tahun 2004, Facebook menggelar kuis. Para pengguna diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan pribadi berkaitan tentang diri dan sahabatnya, sehingga Facebook secara tidak langsung mendapatkan informasi seputar psikologi kepribadian penggunanya. Banyak kasus serupa terjadi, kuis dan permainan di internet sengaja didesain sehingga semua situs media sosial termasuk Facebook berkewajiban untuk menjaga rahasia pengguna dan memusnahkannya setelah batas waktu permainan atau perlombaan berakhir.

beberapa waktu lalu, Christopher Wylie seorang whistleblower (pelapor pelanggaran) yang bekerja untuk Cambridge Analytica mengklaim bahwa Facebook menjual informasi 270 ribu pengguna yang ikut serta dalam kuis, tanpa izin mereka, kepada Cambridge Analytica. Dengan demikian Cambridge Analytica bisa mengakses informasi-informasi pribadi para pengguna.

Cambridge Analytica adalah sebuah perusahaan penyedia jasa konsultasi politik Inggris yang mengkombinasikan proses pengumpulan data, broker informasi dan analisa data, dengan strategi komunikasi untuk keperluan pemilu.

Cara Menjaga Privasi

Kunci pengaturan privasi akun Anda. Kebanyakan jejaring sosial memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan privasi. Anda bisa menyesuaikan bagaimana orang lain dapat mencari Anda, dan informasi apa yang tersedia untuk dilihat khalayak ramai.

Hindari menggunakan hotspot Wi-Fi umum yang tidak aman untuk mencegah kebocoran informasi. Seringkali, Wi-Fi umum menjadi sarana peretas untuk mengail data.

Batasi informasi yang Anda bagikan. Meskipun Anda mengatur privasi pada informasi Anda, perusahaan penyedia layanan jejaring sosial tetap dapat mengakses informasi Anda. Dengan membatasi informasi yang Anda bagikan, pengetahuan perusahaan penyedia layanan tentang Anda pun akan terbatas.

Berikut beberapa hal yang mungkin tidak perlu ditampilkan di internet dan sosial media.

  • Memberikan data pribadi, seperti alamat rumah, atau sekolah anak
  • Masalah pribadi
  • Infomasi keluarga
  • Berbagi informasi jika kita sedang sendirian di rumah
  • Foto tidak pantas
  • Foto dengan geotag
  • Komentar kasar
  • Informasi kontak (no hp & email)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar