Pemanfaatan Komputer di Bidang Pendidikan, Sains, dan Kesehatan

By Seika生花 - Oktober 02, 2020

 


Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan berkomunikasi tukar informasi sehingga tempat, waktu dan jarak tidak lagi menjadi kendala. Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat tak lepas dari perkembangan teknik komputer.  

Komputer Untuk Pendidikan

Kemajuan bidang komputer dan teknologi informasi memberikan dampak positi pada bidang pendidikan. Aplikasi bidang teknologi komputer dan teknologi informatika yang paling berpengaruh pada bidang pendidikan adalah pemakaian jaringan komputer dan internet. Dengan internet layanan informasi pada sasaran didik tidak terbatas ruang, tempat waktu dan jarak.

Manfaat komputer di bidang pendidikan diantaranya yaitu :

1. tenaga pendidikan dapat menciptakan variasi yang lebih menarik dan kekinian sehingga lebih memudahkan dan lebih dimengerti 

2. memberikan informasi lebih kepada siswa dan guru 

3. komputer dapat membantu peserta didik dalam menguasai kemampuan yang dibutuhkan dunia saat ini 

4. memudahkan untuk mengirim file dan diskusi dan membuat ujian yang lebih tepat dan akurat 

5. keberadaan komputer sebagai perangkat teknologi mampu mengasah kecerdasan psikomotorik peserta didik 

6. pekerjaan para tenaga pendidik dimudahkan dengan keberadaan komputer 

7. pengelolaan hingga pengawasan proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan lebih mudah 

8. materi belajar dapat dipahami dengan lebih mudah dan baik

Contoh aplikasi dalam bidang pendidikan adalah Zenius. Zenius Education menyediakan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan baik secara online melalui website (zenius.net), melalui aplikasi pada smartphone, maupun secara offline dengan media CD dan DVD.



Komputer Untuk Sains

Perkembangan teknologi juga sangat berpengaruh dalam bidang sains. Beberapa manfaat computer dalam bidang sains yaitu:

1. Komputer membantu dalam perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia contoh nya seperti dalam melakukan suatu penelitian dan riset. 

2. Komputer juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Seperti membantu kita untuk menyelesaikan sebuah tugas dan persoalan yang rumit. 

3. Dengan adanya komputer kita dapat meningkatkan pemahaman tentang konsep yang telah kita pelajari dan kita juga dapat mempelajari konsep-konsep selanjutnya.

Contoh aplikasi dalam bidang sains:

1. Human Anatomy Atlas 2021 Human Anatomy Atlas 2021 merupakan sebuah aplikasi berbayar bidang medis yang dapat memungkinkan para pengguna untuk mengerti cara kerja sistem dan bentuk tubuh manusia. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk model 3D dan disajikan dengan grafis yang berwarna warni serta animasi yang menjelaskan psikologi dan patologi umum (ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang penyakit) secara rinci. 


2. Plantale Plantale merupakan sebuah aplikasi berbayar yang mana pengguna dapat mengamati perkembangan tumbuhan dari sebuah biji hingga bagaimana tumbuhan dapat memproduksi sebuah biji kembali serta kita dapat melihat bagaimana bentuk anatomi dan morfologi dari seluruh bagian tanamanan. Menariknya kita dapat menggunakan AR(Augmented Reality) sehingga mempermudah melihat bagian tanaman dengan teliti.


Komputer Untuk Kesehatan

Dalam dunia Kesehatan, komputer digunanakan untuk menyimpan dan mengolah data administrasi rumah sakit, menganalisis data pasien untuk mengetahui kerusakan pada organ dalam dan mendiagnosa penyakit, menganalisis data penelitian yang gunanaya untuk menemukan vaksin, obat atau metode baru dalam perobatan dan juga banyak hal lainnya yang komputer dapat lakukan di bidang Kesehatan. Manfaat penggunaan komputer di bidang Kesehatan diantaranya:

Bagi Petugas Medis seperti Dokter, Perawat, dan Karyawan Pelayanan Medis lainnya Komputer membantu dalam hal:

1. Meng-input Data Pasien, dan juga membantu proses pencaharian saat dibutuhkan.

2. Dengan kompter juga dapat membantu Seorang Dokter dalam memonitor pasien.

Selain untuk Petugas Medis, Manfaat Komputer dalam bidang kesehatan juga dirasakan oleh Pasien atau Masyarakat lain seperti:

1. Membantu dalam mencari informasi dalam bidang medis, seperti suatu tanda-tanda, pencegahan, serta apa yang harus dilakukan saat terkena penyakit, pola makan sehat, olahraga, dll.

2. Membantu dalam proses pendaftaran pasien yang ingin berobat mengingat banyak rumah sakit yang kini menyediakan pendaftaran online agar lebih efisien dalam penggunaan waktu dan tidak menumpuk saat pendaftaran offline.

Contoh penerapan komputer di bidang Kesehatan yaitu aplikasi Halodoc. Aplikasi halodoc ini dirilis pada 11 maret 2016 untuk pengguna Android dan IOS, aplikasi ini memang sudah lumayan lama dirilis , aplikasi ini sudah di unduh sekitar 5 juta kali di playstore, aplikasi ini di prakarsai oleh Jonathan Sudharta seorang kapten Timnas Hoki Indonesia. Aplikasi ini sendiri sudah mendapatkan beberapa update yang terakhir di update pada tanggal 20 september 2020. Sedangkan untuk mengaksesnya pada perangkat Komputer anda bisa mengaksesnya dengan melalui website resmi mereka yakni www.halodoc.com.


  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. This comment has been removed by the author.

    BalasHapus
  2. wah mksih kak bisa dijadikan inspiratif sukses selalu, jangan lupa Kunjungi website kampus saya Deska Endriani di ISB Atmaluhur

    BalasHapus