Pemanfaatan Komputer di Bidang Transportasi, Industri, dan Jasa

By Seika生花 - Oktober 16, 2020



Komputer di Bidang Transportasi

Komputer dalam bidang transportasi berarti pemanfaatan komputer dalam kegiatan pemindahan orang/barang dari suatu tempat ke tempat lain.

1. Pengaturan Lalu Lintas Kereta Menggunakan Sistem Komputer untuk Menentukan Jalur yang Harus dilalui.

2. Traffic Light Menggunakan Sistem Komputer untuk Membantu Mengatur Lalu Lintas di Jalan Raya.

3. Kapal dikendalikan Oleh Mesin.

4. Sistem Navigasi di Dalam Kapal Membantu Mengarahkan Jalannya Kapal.

5. Sistem Komputer yang Ada di Ruang Pilot digunakan untuk Mengendalikan Pesawat.

6. Mesin di Dalam Pesawat

7. Alat yang digunakan Astronot.

8. Cek Kemacetan Jalan

9. Dll.

Contoh aplikasi di bidang transportasi yaitu Gojek. Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. 

Berawal dari layanan transportasi, sekarang aplikasi gojek memiliki lebih dari 20 layanan yang menjadi solusi buat tantangan sehari-hari. 

Gojek memberikan pelayanan  terhadap pelanggan atau pengguna jasa gojek, mulai dari mengantarkan pelanggan sampai dengan mengantarkan barang baik skala kecil maupun besar, menyediakan  jasa pemesanan makanan, dan masih banyak lagi.


Komputer di Bidang Industri

Komputer dalam Industri adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input, memproses dan menghasilkan output sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi suatu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.

Salah satu manfaat komputer di bidang industri ada pada aspek produksi. Di dalam industri-industri besar yang menghasilkan jumlah produk dalam skala besar tidak mungkin jika proses produksinya dilakukan secara manual. Kekuatan, kecepatan dan ketepatan manusia sangat terbatas berbeda dengan mesin yang memang sudah dibuat sedemikian rupa untuk dapat melakukan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Mesin-mesin yang beroperasi tidak lepas dari kontrol sistem komputerisasi.

Contoh aplikasi pada bidang industri yaitu Biops. Biops merupakan aplikasi precision farming yang menawarkan monitoring  dan controling untuk para petani green house, dan juga bisa di gunakan pada berbagai bidang industri lainnya.



Komputer di Bidang Jasa

komputer dalam bidang jasa merupakan suatu sistem program  yang dapat membantu dalam memproses ataupun menyediakan suatu  produk dibidang jasa sehingga dapat memenuhi suatu kebutuhan ataupun permintaan dari pihak lain yang berhubungan dengan komputer seperti jasa pengiriman barang, jasa percetakan dan lain sebagainya.

Dari jasa ini kita dapat mengambil suatu contoh, yaitu jasa percetakan. Di dalam jasa tersebut konsumen tidak akan perlu menunggu dengan waktu yang lama jika konsumen ingin mencetak dalam jumlah ratusan, dengan menggunakan sistem komputer maka proses operasi percetakannya dapat menempuh waktu yang singkat sehingga dapat menghemat waktu dan juga biaya yang di keluarkan tidak terlalu besar. Maka dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa komputer memberikan manfaat yang cukup besar dalam berbagai kebutuhan hidup manusia sehingga manusia di permudahkan dengan teknologi komputer.

Contoh aplikasi di bidang jasa yaitu Fiverr. Fiverr adalah pasar online untuk layanan freelance. Fiverr menyediakan platform bagi para freelancer untuk menawarkan jasa/layanan kepada pelanggan diseluruh dunia. Di Fiverr, banyak sekali layanan freelance tersedia, mulai dari penulisan, terjemahan, desain grafis, pengeditan, pemrograman, dll. Pada tahun 2012, lebih dari tiga juta layanan terdaftar di Fiverr.



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar