Usability

By Seika生花 - Maret 18, 2020


Apa itu Usability ?

Ada beberapa pengertian usability menurut para ahli, diantaranya :

Menurut Jacob Nielsen, didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction.

Menurut Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.

Menurut Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas.

ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction.


Kenapa usability penting

1. memudahkan pengguna

Dengan usability yang baik, pengguna akan dengan mudah untuk menggunakan aplikasi.

2. Aplikasi Mudah dipelajari

Dengan usability yang baik, aplikasi dapat dengan mudah dipelajari bahkan untuk orang yang pertama kali menggunakan aplikasi tersebut.

3. berjalan sesuai fungsinya

Usability memastikan aplikasi berjalan sesuai dengan tujuannya.

4. menarik minat pengguna

Usability yang baik, akan menarik minat pengguna untuk menggunakan aplikasi, bahkan secara terus-menerus.

Uji Usability

Usability testing cara untuk mengevaluasi sebuah produk atau jasa dengan cara mengujinya kepada calon pengguna. Umumnya, selama pengujian, pengguna akan mencoba untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, sementara pemilik produk akan mengamati, mendengar, dan mencatat temuan.

Ada beberapa macam alat uji usability, diantaranya :

SUS (System Usability Scale)

SUS dikembangkan oleh John Brooke, merupakan skala kegunaan yang handal, populer, efektif dan murah yang dapat digunakan untuk penilaian global terhadap kegunaan system.

SUS sendiri memiliki 10 komponen pertanyaan dan 5 pilihan jawaban mulai dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju serta memiliki skor minimal 0 dan maksimal 100.

Contoh item SUS :

- Saya berpikir akan menggunakan sistem ini lagi.
- Saya merasa sistem ini rumit untuk digunakan.
- Saya merasa sistem ini mudah digunakan.
- Saya membutuhkan bantuan dari orang lain atau teknisi dalam menggunakan sistem ini.
- Saya merasa fitur-fitur sistem ini berjalan dengan semestinya.
- Dan lain-lain.

Skor jawaban SUS


Jawaban

Skor

Sangat setuju

5

Setuju

4

Ragu-ragu

3

Tidak setuju

2

Sangat tidak setuju

1

Aturan Perhitungan Skor SUS :

1. Setiap pertanyaan bernomor ganjil, skor setiap pertanyaan yang didapat dari skor pengguna akan dikurangi 1.

2. Setiap pertanyaan bernomor genap, skor akhir didapat dari nilai 5 dikurangi skor pertanyaan yang didapat dari pengguna.

3. Skor SUS didapat dari hasil penjumlahan skor setiap pertanyaan yang kemudian dikali 2,5.

QUIS (Questionnaire for User Interface Satisfaction)

Angket Untuk Kepuasan Interaksi Pengguna adalah alat yang dikembangkan untuk menilai kepuasan subyektif pengguna dengan aspek-aspek spesifik dari antarmuka manusia-komputer. Ini dikembangkan pada tahun 1987 oleh tim peneliti multi-disiplin di University of Maryland Human - Computer Interaction Lab.

CSUQ (Computer System Usability Questionnaire)
 
Words (adapted from Microsoft’s Product Reaction Cards)
 
Dll

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar