Pemanfaatan Komputer di bidang Pemerintahan, Perbankan, dan Militer

By Seika生花 - Oktober 09, 2020


Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan berkomunikasi tukar informasi sehingga tempat, waktu dan jarak tidak lagi menjadi kendala. Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat tak lepas dari perkembangan teknik komputer.  

Komputer Untuk Pemerintahan

Electronic Government (E-Government) adalah istilah yang sangat populer saat ini, dimana secara umum e-government adalah upaya mengaplikasikan pelayanan kepemerintahan melalui sistem informasi berbasis komputer.

Komputer  dalam  pemerintahaan/E-government  mengacu  pada penggunaan teknologi informasi oleh instansi-instansi atau badan-badan pemerintahan(misal dengan Wide Area  Networks, Internet, dst), yang  dengan  semua  itu  mempermudah  dan meningkatkan  kemampuan  transfomasi hubungan  antara warga negara,  dunia bisnis, dan  bagian-  bagian  lain  dari  pemerintahan.

Manfaat penggunaan komputer dalam bidang pemerintahan yaitu :

1. Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

2. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.

3. Peningkatan hubungan antara pemeritah, pebisnis, dan masyarakat umum.

4. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.

5. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.

6. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

7. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.

Contoh aplikasi penggunaan komputer pada bidang pemerintahan yaitu Info BMKG. Aplikasi ini dapat memperoleh berbagai informasi, termasuk di antaranya adalah prakiraan cuaca, kualitas udara, peta iklim, info gempa bumi, ataupun siaran pers resmi BMKG.


Komputer Untuk Perbankan

Definisi komputer dalam bidang perbankan adalah alat yang membantu menyimpan, mengolah, dan megambil kembali data keuangan atau informasi yang diperlukan untuk mempermudah mengatur kegiatan transaksi keuangan dan membantu menerbitkan banknote.

Peranan komputer dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan perbankan adalah untuk mencari keuntungan atau laba yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun jasa. Penggunaan alat bantu komputermerupakan suatu keharusan untukmengembangkan dan memajukan bisnis dan perbankan. Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses , data statistik, dan akunting (keuangan). Peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas layanan. Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajetnen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah .

Kegunaan komputer di bidang perbankan untukmenghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank. Saat ini dengan dikenalnya ECommerce, maka pelayanan transaksi secara online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalammelakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui Internet dan SMS Banking.

Salah satu contoh aplikasi komputer di bidang perbankan yaitu Internet Banking. Ini termasuk saluran terbaru e-Banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi via internet dengan menggunakan komputer/PC atau PDA. Fitur transaksi yang dapat dilakukan sama dengan Phone Banking yaitu informasi jasa/produk bank, informasi saldo rekening, transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan transfer ke bank lain.



Komputer Untuk Militer

Komputer dibidang militer adalah sebuah alat elektronik dimana fungsinya akan membantu mempermudah dalam memecahkan masalah-masalah yang terdapat pada suatu Angkatan perang disuatu negara.

Manfaat penggunaan komputer dalam bidang militer diantaranya yaitu :

1. Berguna untuk menjadi bank data (administrasi, informasi musuh, sejarah militer dan catatan pertempuran ).

2. Mempermudah pengelolaan administrasi keuangan personel, dan peralatan.

3. Mempermudah navigasi darat, laut dan udara.

4. Meningkatkan presisi penembakan (arteleri, tank, kapal dan pesawat).

5. Menjadi pondasi penigkatan kualitas alutsista (misil dan radar).

6. Mempermudah proses komando, kendali, komunikasi dan informasi (K3I) antar unit terkecil, sesama mereka maupun dengan penggerak unit tersebut (markas).

Contoh penerapan komputer di bidang militer yaitu Morolipi V.2. Morolipi ini adalah robot penjinak bom buatan LIPI(Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Morolipi V.2 merupakan robot penjinak bom hasil karya anak bangsa yang merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya, pengembangan tersebut yaitu dimensi robot lebih kecil dan lebih ringan sehingga lebih mudah untuk dibawa pengguna. Robot ini dilengkapi dengan empat flippers/kaki yang dapat bergerak secara  independent/bebas dan lebih fleksible untuk menaiki tangga dengan slope 45 derajat. Robot ini digunakan untuk mensubstitusi robot-robot impor yang digunakan pada TNI dan POLRI, dan mengurangi ketergantungan terhadap luar negeri dalam hal teknologi pertahanan.



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar