Media Sosial (Social Media)

By Seika生花 - Oktober 23, 2020


Apa itu Media Sosial ?

Media Sosial adalah media digital sebagai tempat terjadinya realitas sosial pada ruang waktu tak terbatas bagi para penggunanya untuk saling berinteraksi. Para ahli mendefinisikan pengertian media sosial dengan struktur bahasa yang berbeda, namun tetap dalam makna dan nilai yang sama.

Nilai-nilai yang ada di masyarakat maupun komunitas juga muncul bisa dalam bentuk yang sama atau berbeda di internet. Pada dasarnya, beberapa ahli menggambarkan pengertian media sosial tidak terlepas dari apa yang terjadi saat ini di dunia. Dengan satu konten unik di media, khalayak atau masyarakat dapat tergerak secara masif.

Beberapa Jenis Media Sosial

1. Layanan Jejaring Sosial (Social Network)

Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan penggunanya berinteraksi melalui Internet, seperti surat elektronik dan pesan instan. Contoh: Facebook, linkedin, dll.

2. Media Sharing

Adalah sebuah aplikasi atau website dimana kita bisa mengupload foto, video ataupun audio untuk kemudian kita bisa berbagi info dengan orang lain baik itu harus menjadi teman dulu ataupun tidak (tergantung dari setting media sharing yang ada), contohnya seperti Instagram.

3. Forum Diskusi

Forum diskusi merupakan media diskusi online yang dapat diakses tanpa dibatasi ruang dan waktu. Melalui forum diskusi, pengguna dapat berdiskusi satu sama lain mengenai suatu topik yang dimoderasi oleh moderator sehingga diskusi berjalan secara kondusif. Contoh: Kaskus.

4. Social Publishing

Social Publishing merupakan seni menerbitkan konten dengan cara memungkinkan orang merespon dan memberikan umpan balik. Social Publishing adalah tentang menjadikan penerbitan sebagai jalan dua arah. Ini berarti pembaca diberikan saluran langsung ke penulis untuk memberikan feedback, mengajukan pertanyaan, dan melakukan percakapan. Contoh: Medium.

5. Social Bookmarking Sites

Situs bookmark sosial adalah situs tempat pengguna internet berbagi halaman web, artikel, postingan blog, gambar, dan video mereka. Ada sejumlah keuntungan yang akan didapatkan dengan mengirimkan konten anda ke satu (atau lebih) situs ini. Contoh situs bookmark yaitu Pinterest, Reddit, dll.

6. Instant Messenger

Instant Messenger merupakan sebuah aplikasi yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instant messaging), suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer/smartphone yang terhubung melalui sebuah jaringan, seperti Internet. Contohnya seperti WhatsApp, Telegram, dll.

Beberapa manfaat media sosial yaitu :

1. Memudahkan bersosialisasi dengan teman,

2. Mempertemukan orang dengan ketertarikan yang sma,

3. Berbagi informasi secara real-time,

4. Untuk berbagi informasi,

5. Sebagai sarana untuk berbisnis,

6. Sarana untuk mencari teman, hiburan, dan lain sebagainya.

Sedangkan beberapa kerugian media sosial yaitu :

1. Rentan terjadinya kesalahpahaman,

2. Maraknya kejahatan dunia maya (Cyber Crime,

3. Resiko penipuan atau pencurian identitas,

4. Membuat orang-orang menjadi lupa akan waktu,

5. Dan membuat orang yang jauh menjadi dekat tetapi menjauhkan yang dekat.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar