User Experience Questionnaire (UEQ)

By Seika生花 - Mei 13, 2020



Apa itu UEQ ?

Pada 2006, tiga pakar IT dan usability Jerman berkumpul dan mengembangkan survei 2-3 menit untuk mengevaluasi kualitas UX suatu produk. Meskipun Kuesioner Pengalaman Pengguna pada awalnya dimaksudkan untuk evaluasi produk perangkat lunak, itu juga dapat diterapkan untuk setiap jenis produk lainnya - digital dan fisik.

Ini bekerja dengan diferensial semantik - pengguna Anda pada dasarnya perlu mengisi survei 26 yang terdiri dari 26 pasangan kata sifat yang bertentangan. Grup kata yang diurutkan secara acak mewakili enam skala yang sangat penting untuk UX yang baik (* Skala tersebut menggabungkan beberapa heuristik untuk desain antarmuka oleh Nielsen dan menambahkan dengan hal-hal baru dan merangsang lebih banyak item yang didorong oleh pengalaman.):

Daya tarik

Penerangan yg jelas

Efisiensi

Keteguhan

Stimulasi

 Kebaruan

Daya tarik menilai keseluruhan estetika aplikasi dan seberapa menarik pengguna dengan itu. Perspicuity menunjukkan betapa mudahnya orang memahami produk dan ketergantungan memberikan ide tentang hal itu tampaknya dapat dipercaya. Kegembiraan penggunaan diukur dalam skala stimulasi dan kebaruan mewakili bagaimana inovatif alat dirasakan.

Untuk mendapatkan perasaan yang lebih luas tentang kualitas produk Anda, UEQ memberi Anda skor yang memberi peringkat kinerja keseluruhan dalam:

Daya tarik

Kualitas Pragmatis

Kualitas Hedonic

Apakah memerlukan keterampilan statistik?

Tidak ... Hal paling indah tentang UEQ adalah bahwa ia hadir dengan alat analisis Excel. Jadi tidak perlu menjadi pro dalam statistik atau matematika.

6 Skala UEQ

• Daya Tarik: Apakah pengguna menyukai atau tidak menyukai produk?

• Kejelasan: Apakah mudah untuk mengenal produk? Apakah mudah untuk belajar bagaimana gunakan produknya?

• Efisiensi: Bisakah pengguna menyelesaikan tugas mereka tanpa usaha yang sederhana?

• Ketepatan: Apakah pengguna merasa terkendali terhadap interaksi?

• Stimulasi: Apakah menarik dan memotivasi untuk menggunakan produk?

• Kebaruan: Apakah produk itu inovatif dan kreatif? Apakah produk menangkap minat pengguna?

Contoh item EUQ


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiz17MLK4_67Bjae3U9omD7xVgVrVKKJZuaRBjMEXwEKkycfyu4Dn_-y6f9mUzkLKKkQ9h2zAjKQz-pKSCCvoxUtsUvnQ9vQhpTi-QjfyrM3o-nbPpNUIIxosPB3ucq15cE-9uW7bnOHI9N/s1600/Screenshot+%2528179%2529.png

Tahapan Pengambilan data UEQ

• Prototype aplikasi harus selesai

• Cari pengguna (responden)

• Diberikan kuesioner (angket)

• Responden mengisi form data diri

• Responden mengerjakan tugas (task)

• Responden mengisi kuesioner UEQ

• Wawancara (Opsi)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar