Golden Ratio

By Seika生花 - April 14, 2020

Apa itu Golden Ratio ?

Golden Ratio atau rasio emas juga dikenal sebagai Golden section, golden mean, Divine Proportion, atau huruf Yunani Phi, adalah angka spesial yang kira-kira sama dengan 1.618. rasio itu sendiri datang dari urutan Fibonacci, urutan angka yang terjadi secara alami yang dapat ditemukan di mana-mana, dari jumlah daun di pohon hingga bentuk kerang. 

Urutan Fibonacci adalah jumlah anga dari dua angka sebelumnya. Dari : 0, 1, 1, 2, 3, 5,  8, 13, 21, dan seterusnya sampai tak terhingga. Dari pola ini, orang-orang Yunani mengembangkan rasio emas untuk mengekspersikan perbedaan antara dua angka dalam urutan.

Bagaimana itu terhubung dalam dunia desain ? anda bisa menemukan rasio emas Ketika membagi sebuah garis menjadi dua bagian dan bagian yang lebih panjang (a) dibagi dengan bagian yang lebih kecil (b) sama dengan jumlah dari (a) + (b) dibagi dengan (a), yang keduanya sama dengan 1.618. Formula ini bisa membantu saat membuat bentuk, logo, layout, dan banyak lagi.


 

Anda juga bisa menggunakan ide ini untuk membuat Golden Rectangle. Sebuah kotak dan kali sebuah sisinya dengan 1.618 untuk mendapatkan bentuk baru, sebuah persegi dengan proporsi harmonis.
golden ratio 

 Cara Menggunakan Golden Ratio Pada Desain

1. Typography

golden ratio 

Golden Ratio bisa membantu untuk mengetahui ukuran font apa yang harus anda gunakan untuk header dan body pada sebuah website, landing page, post blog, dan lain-lain.

Katakanlah jika body copy anda adalah 12px. Jika anda mengkali 12 dengan 1.618, anda akan mendapat 19.416, berarti ukuran sebuah teks header 19px atau 20px akan mengikuti Golden Ratio dan seimbang dengan font 12px dari body.

Jika anda ingin mengetahui seberapa besar ukuran teks body anda harusnya, anda bisa melakukan hal yang berlawanan. Jika teks header anda 25px, anda bisa membaginya dengan 1.618 untuk menentukan ukurang teks body (15px atau 16px).

2. Memotong dan Mengubah Ukuran Gambar

Fibonacci Spiral dalam Fotografi | there's something about ... 

Saat memotong gambar, mudah untuk mengidentifikasi ruang putih yang akan dipotong. Tapi, bagaimana anda memastikan gambar masih seimbang setelah diubah ukurannya ? anda dapat menggukana Golden Spiral sebagai panduan untuk komposisi gambar.

Contohnya, jika anda meletakkan Golden Spiral pada sebuah gambar, anda bisa memastikan titik fokus gambar berada di tengah spiral.

3. Desain Logo

 

Jika anda mendesain sebuah logo baru dan merasa terhenti, gunakan golden ratio untuk membantu anda membuat sketsa proporsi dan bentuk-bentuk. Banyak logo populer yang mengikuti Golden Ratio, seperti Twitter, Apple, dan pepsi.
4. Layout

golden ratio

Memanfaatkan rasio emas dapat membantu anda merancang UI yang menarik secara visual dan menarik perhatian pengguna pada hal yang paling penting. Misalnya, halaman yang menyoroti blok luas konten disebelah kiri dengan kolom yang lebih sempit disebelah kanan dapat mengikuti rasio emas dan membantu anda memutuskan dimana menepatkan konten yang paling penting.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar